Penyebab Pria Mampu Berlari Lebih Cepat Dibandingkan Wanita

Jika berbicara mengenai jenis olahraga pastinya kita bisa menemukan beragam jenisnya. Salah satunya adalah olahraga lari. Dimana olahraga tersebut dihadirkan untuk semua orang. Baik itu pria bahkan wanita seringkali melakukan aktivitas menyenangkan serta menyehatkan.

Wajar saja jika para produsen olahraga kini sudah banyak yang menaruh investasinya pada olahraga tersebut. Tanpa memandang gender, produsen olahraga ini berusaha memproduksi peralatan lari baik itu sepatu sampai aksesoriesnya.

Pria bahkan wanita sekarang ini sudah bisa melakukan olahraga lari untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Tanpa berolahraga apalah jadinya tubuh kita. Inilah mengapa menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh itu terbilang penting dilakukan.

Salah satunya bisa dilakukan hanya dengan berolahraga lari. Lantas akankah anda mengerti apa saja penyebab pria lebih cepat berlari dibandingkan wanita? Pastinya banyak yang sudah merasa penasaran akan hal ini.

Mungkin selama ini banyak yang sudah mengira jika kekuatan sekaligus motivasi seseorang sudah menjadi penyebab utama perbedaan itu. Padahal sebetulnya bukan itu yang menjadi penyebabnya. Dari sini kita akan membahasnya lebih meluas lagi hingga mengerti mengapa pria lebih cepat dalam berlari dibandingkan dengan wanita.

Pengertian olahraga lari

Olahraga lari merupakan salah satu jenis olahraga yang terbilang mudah bahkan bisa dilakukan oleh siapa pun. Baik itu pria maupun wanita tentu saja bisa menjalani olahraga tersebut. Hanya saja masalah kecepatan lari pastinya berbeda antara pria maupun wanita.

Pastinya anda pun pernah bertanya bagaimana bisa pria berlari lebih cepat dibandingkan wanita. Bahkan saat pria maupun wanita menjalankan diet yang sama, latihan sama bahkan sesi latihan sama. Perbedaan antara keduanya terlihat begitu jelas sekali.

Tetapi hal ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan kekuatan. Sayangnya biarpun melakukan aktivitas sama. Baik pria maupun wanita mempunyai sedikit perbedaan dalam hal olahraga lari. Dari sini kita akan membahasnya lebih meluas lagi. Jadi alangkah baiknya menyimak penjelasan di bawah ini.

Penyebab pria berlari lebih cepat dibandingkan wanita

Banyaknya pertanyaan yang terlontar terkait penyebab pria berlari lebih cepat dibandingkan wanita ini seakan membuat banyak orang merasa penasaran. Namun jangan merasa khawatir karena kini anda bisa menemui beragam alasannya.

Jika memang penasaran sebaiknya simak beragam penyebab pria berlari lebih cepat dari pada wanita. Berikut ini:

  1. Adanya faktor hormonal

Sebelum akhirnya anak laki-laki bahkan perempuan mencapai masa pubertas. Tubuh mereka terbilang hampir mirip. Beragam hal mulai berubah ketika mereka sudah memasuki masa remaja. Hal ini tak lain karena adanya lonjakan hormon testosteron yang terjadi pada pria.

Sampai usianya dewasa bahkan masih ada beberapa pria mempunyai testosteron mencapai 20 kali lebih banyak dibandingkan dengan wanita. Hormon tersebut memang bertanggung jawab atas perkembangan sel darah baru yang ada dalam tubuh.

Selain itu juga bertugas untuk membantu menjaga tulang serta otot supaya semakin kuat. Karena bagaimana pun juga ternyata wanita mampu hasilkan sedikit testosteron. Mereka hanya mempunyai massa otot lebih kecil dibanding pria.

Sebaliknya lagi ternyata wanita mempunyai lebih banyak estrogen dibandingkan dengan pria. Jadi mereka pun juga memiliki presentase lemak tubuh lebih tinggi dibandingkan pria sehingga penurunan kecepatan pun bisa terjadi saat di lintasan lari.

  1. Pengaruh dari ukuran badan

Ukuran badan ternyata mempunyai peranan yang begitu penting dalam hal kecepatan lari. Kaki pria memiliki otot sekitar 80 persen lebih banyak jika kita bandingkan dengan kaki wanita. Otot ekstra membantu pria untuk berlari lebih cepat.

Selain itu paru-paru serta hati wanita bisa memompa oksigen lebih sedikit jika dibandingkan pria. Hal tersebut juga bertanggung jawab atas perbedaan yang ada dalam kecepatan lari.

Sedangkan terkait ukuran tubuh, rata-rata para wanita mempunyai paru lebih kecil dibandingkan para pria. Ini artinya aliran oksigen yang didapatkan oleh paru-paru wanita terbilang lebih sedikit jika dibanding pria.

Apalagi masalah kadar hemoglobin dalam tubuh wanita juga terbilang sedikit. Hemoglobin ini merupakan suatu protein yang berada pada sel darah merah. Jadi nantinya bisa membantu bawakan oksigen menuju jaringan tubuh lainnya termasuk otot.

Itulah tadi beberapa penyebab mengapa pria lebih cepat berlarinya jika dibandingkan dengan wanita. Dari sini anda pun semakin paham kemampuan lari antara wanita dan pria. Kecepatan memang tidak diperlukan ketika bermain olahraga lainnya. Keseimbangan, otot fleksible serta tendon menjadi beberapa hal yang bisa membantu wanita dalam berolahraga.

Bagaimana pun juga ternyata olahraga lari ini menjadi salah satu jenis aktivitas yang menyehatkan sekali. Apalagi kegiatan tersebut seringkali menjadi perlombaan maraton baik itu dalam tingkat lokal atau bahkan internasional.

Semoga saja dengan hadirnya uraian di atas mampu memperluas pengetauan anda. Apalagi terkait pria yang ternyata kemampuan berlarinya justru lebih cepat dibanding wanita. Biasanya olahraga ini juga dijadikan sebagai menu terbaik.

Jangan sampai anda penasaran akan perbedaan pria maupun wanita lebih cepat dibandingkan wanita melalui live streaming. Jadi tidak ada salahnya anda mencoba beberapa  cara yang kini sudah disediakan.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.